Ampuh Atasi Jantung Koroner Tanpa Harus Pemasangan Ring Jantung

Ampuh Atasi Jantung Koroner Tanpa Harus Pemasangan Ring Jantung

5 Hal Yang Bisa Membuat Hormon Naik Turun

5 Hal Yang Bisa Membuat Hormon Naik Turun 





Kata hormon berasal dari bahasa yunani yang artinya adalah ‘memacu’ atau menggalakkan. Hormon itu sendiri memiliki unsur senyawa yang dihasilkan oleh organ tubuh tertentu.
Hormon yang ada pada tubuh kita dihasilkan oleh kelenjar endokrin sehingga langsung diedarkan oleh darah. Keluarnya hormon dari kelenjar disebut juga inkresi. Hormon memiliki fungsi untuk mengontrol pertumbuhan tubuh, mengatur reproduksi sfat kelamin antara laki-laki dan perempuan, memperkuat homeostatis, dan juga mengintegrasikan kegiatan antara sistem hormon dan syaraf.

Hal Yang Bisa Membuat Hormon Naik Turun

Hormon adalah kelompok biokimia yang ada pada tubuh, berperan sebagai fungsi tubuh. Hormon ini sering kali menjadi tidak seimbang, adapun penyebab tidak seimbangnya hormon ini dikarenankan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Apabila hormon tidak seimbang maka hasilnya dapat mengganggu kesehatan anda. Sebelum kita mengetahui Hal-Hal yang Bisa Membuat Hormon Naik Turun, maka tidak ada salahnya jika terlebih dahulu kita mengetahui tanda-tanda hormon yang tidak seimbang. Tanda-Tanda tersebut adalah berikut ini :

·         Siklus Menstruasi  Tidak Teratur
Khususnya untuk wanita, jarak antra menstruasi wanita pada bulan pertama dan bulan selanjutnya tidak sama, atau justru terlambat. Itu menandakan bahwa anda sedang mengalami ketidakseimbangan hormon.
·         Mengalami Gangguan Tidur
Hormon yang dilepaskan oleh ovarium anda, seharusnya dapat menangkap rasa kantuk. Jika hormon lebih randah dari biasanya, maka akan menyebabkan anda susah untuk tidur.

·         Jerawat Kronis

Jerawat memang hal yang paling tidak di sukai oleh semua orang,untuk para wanita, wajah yang jerawatan pada saat menjelang haid atau menstruasi ini juga disebabkan karna ketidakseimbangan hormon

·         Mudah Lelah
Jika anda mudah sekali merasa lelah, mungkin itu gejala dari ketikdakseimbangan hormon.
Setelah kita mengetahui tanda-tanda ketidakseimbangan hormon di atas, maka sekarang anda dapat mengetahui hal-hal yang dapat membuat hormon pada tubuh menjadi naik turun. Berikut adalah hal-hal tersebut :

1.       Melewatkan Makan

Jika kita tidak makan, otomatis kadar insulin kita bisa terganggu. Kadar gula akan naik, turun. Lalu secara tidak sadar akan menurun drastis. Dan inilah yang menjadi penyebab hormon pada tubuh naik dan turun.

2.       Kurangnya Tidur

Tidur memanglah penting bagi kesehatan tubuh, Jika kualitas tidur terganggu, apalagi saat tidur malam hari. Tidur malam hari dapat menentukan nafsu makan untuk hari esok. Kurangnya tidur yang cukup, dapat mempengaruhi sistem hormon pada tubuh.

3.       Minuman Manis atau Minuman yang Mengandung Kadar Gula

Seringnya mengkonsumsi minuman manis,dapat mempengaruhi kadar insulin pada tubuh anda. Lebih baik mengurangi  minuman manis yang ada kadar gulanya. Agar hormon tetap stabil.

4.       Menjalani Program Diet Makanan olahan

Melakukan program diet (pengaturan pola makan) dengan makanan olahan atau makanan mentah, memang bisa mengatur tingkat hormon anda. Hasilnya tubuh anda akan selalu energik saat menyantap makanan mentah. Namun tanpa disadari ini bisa mempengaruhi hormon stress, sehingga meminimalisasi masalah kesehatan anda.

5.       Terlalu Banyak Memakan Produk yang Terlalu Manis

Para ahli mengatakan bahwa terlalu sering mengkonsumsi makanan yang kelewat manis, contohnya seperti gula halus, atau produk susu. Yang dapat membuat hormon pada tubuh tidak stabil. Hormon akan naik dan turun.

Setelah mengetahui 5 Hal Yang Bisa Membuat Hormon Naik Turun di atas, apa anda masih mau melakukan hal-hal tersebut? Ingat, kesehatan itu penting lho. Jadi, jika anda ingin menstabilkan hormon dalam tubuh anda, kurangi hal-hal di atas. Karna dampak nya juga tidak baik untuk kesehatan anda sendiri. Semoga bermanfaat.


baca artikel menarik kami disini: Herbal Nyeri Sendi Alami Bone M